3 Program Pemerintah Dorong Pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

  • 0

3 Program Pemerintah Dorong Pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Category : Uncategorized

Merdeka.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pihaknya menyiapkan 3 platform program pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

“Tahun 2019 kita catat 34 juta orang menggantungkan hidup di sektor Parekraf. Pariwisata punya daya ungkit ekonomi yang dahsyat namun justru yang paling terdampak,” kata Sandiaga dalam diskusi MarkPlus, Inc. strategis Redefining Sustainable Tourism Roadmap, Selasa (9/3).

Dia menyebut, kunjungan wisata mancanegara jebol, di mana tahun 2020 wisatawan mancanegara hanya mencapai 4 juta orang saja atau turun 75 persen dan wisatawan domestik turun 35 persen. “Kita ingin make Indonesia beautiful secara better dan faster, perhitungkan perubahan iklim perhitungkan keanekaragaman hayati (Biodiversity) dan harus lebih inklusif konsepnya,” katanya.

Dia menjelaskan, inovasi mengacu pada pembangunan 360 derajat atau menyeluruh bagi 5 Destinasi Super Prioritas. Selain itu dalam inovasi juga penting dalam mengolah big data. Konsepnya big data semuanya dikerjakan dan target paket wisata itu yang harus peduli lingkungan harus memiliki atraksi yang kekinian dan aksesibilitas serta aktivitas yang multi segmented.

“Tidak hanya infrastruktur, jangan hanya interkonektivitas, jangan hanya jaringan tapi kita bicara mengenai the taste, the feel, the smell, jadi semuanya ini harus mengacu kepada 360 derajat,” jelasnya.

Kedua, adaptasi. Yakni penerapan standar CHSE yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan). Kemudian, vaksinasi bagi tenaga Parekraf, serta pemanfaatan teknologi digitalisasi “Kita dahulukan digitalisasi, kolaborasi, akselerasi, kreativitas dan inovasi, buka lapangan kerja seluas-luasnya tapi tidak kerja sendiri tapi harus kerja bersama-sama dengan kolaborasi,” ujarnya.

Demikian program ketiga yakni kolaborasi, menurutnya bekerjasama dengan semua pihak untuk memulihkan sektor Parekraf itu sangat penting sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya.

 


Leave a Reply