Jokowi Dibisiki Banjir Impor Tekstil, Sri Mulyani Datangi Pusat Logistik Berikat

  • 0

Jokowi Dibisiki Banjir Impor Tekstil, Sri Mulyani Datangi Pusat Logistik Berikat

Category : Uncategorized


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani mendatangi Pusat Logistik Berikat (PLB) di wilayah Sunter, Jakarta Utara pada Jumat (4/10/2019).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu datang bersama Dirjen Bea Cukai dan Dirjen Pajak sekitar pukul 14.00 WIB di PLB PT Uniair dan PT Dunia Express.

Kedatangan Sri Mulyani ke PLB bukan tanpa tujuan. Ia bilang diperintahkan Presiden Joko Widodo untuk mengecek langsung PLB.

“Ini dadakan jadi kami bisa lihat bagaimana PLB itu,” ujarnya.

Presiden Jokowi kata Sri Mulyani, memdapatkan laporan adanya banjir impor tekstil dan produk tekstil. Laporan itu datang langsung dari industri tekstil.

Salah satu laporannya mengatakan bahwa banjirnya produk impor tekstil dan produk tekstil berasal dari PLB-PLB yang ada.

“Kami mau mengecek benar tidaknya hal itu,” kata Sri Mulyani.

Usai meninjau PLB dan berdiskusi dengan Asosiasi PLB serta Asosiasi Logistik Indonesia, perempuan yang kerap disapa Ani itu membantah kalau melimpahnya barang impor tekstil akibat PLB.

Ia menegaskan, sistem yang diterapkan oleh PLB sangat ketat. Bahkan barang impor dari pelabuhan di bawa ke PLB dengan truk khusus yang sudah dilengkapi GPS.

Oleh karena itu barang impor yang masuk ke PLB bisa dicek dan diperiksa secara detail oleh Bea Cukai. Termasuk terkait perizinannya.


Leave a Reply