KSPI: “May Day”, 50.000 Buruh Dipusatkan di Tennis Indoor Senayan

  • 0

KSPI: “May Day”, 50.000 Buruh Dipusatkan di Tennis Indoor Senayan

Category : Uncategorized


JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia ( KSPI) Said Iqbal mengatakan, penyelenggaraan Hari Buruh Internasional atau May Day akan dipusatkan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta (1/5/2019).

“Kami KSPI dan afiliasi federasi lainnya akan melakukan May Day di lapangan Tennis Indoor Senayan pada tanggal 1 Mei dimulai pukul 10.00 pagi sampai dengan selesai,” kata Said saat ditemui wartawan di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta, Senin (29/4/2019)

Said mengatakan, jumlah buruh se-Jabodetabek yang akan hadir tercatat 50.000 orang. Ia mengatakan, pada hari buruh kali ini tidak ada “long march” dari istana negara sehingga jumlah buruh yang datang dikurangi.

“May Day diperkirakan, catatan sampai dengan tadi pagi jam 9 pagi, se-Jabodetabek hampir mendekati angka 50.000 orang. Memang rencana kami long march dari istana akan melibatkan sekitar 75.000 sampai 80.000 orang,” kata Said Iqbal.

“Karena ada perubahan dimana hanya akan diselenggarakan di lapangan Tennis Indoor Senayan, maka kami mengurangi jumlah peserta,” ujarnya.

Selanjutnya, Said mengatakan, hari buruh internasional juga akan digelar di kota-kota besar di Indonesia seperti di Kota Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Banda Aceh, Yogyakarta, Balikpapan, Makassar, dan Batam.

“Di Semarang, di Surabaya dan Gresik kemudian juga di Jepara ada juga di Jogja kemudian di Banda Aceh, Medan kemudian juga ada di Batam hampir 30.000 buruh di Batam akan May Day, di Surabaya hampir 40 ribuan buruh juga,” katanya.


Leave a Reply