Lulusan Desain Interior Masih Dibutuhkan di Era Revolusi Industri 4.0?

  • 0

Lulusan Desain Interior Masih Dibutuhkan di Era Revolusi Industri 4.0?

Category : Uncategorized


KOMPAS.com – Melaju pesat bagaikan kilat. Mungkin, perumpamaan tersebut cocok untuk menggambarkan kemajuan teknologi yang terjadi sekarang.

Hadirnya internet of things (IoT), big data mining, genetic editing, mobil swakendara, mesin penerjemah, dan artificial intelligence (AI) menjadi bukti betapa kencangnya derap langkah kemajuan teknologi.

Untuk teknologi yang terakhir disebutkan, bahkan sedang menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini.

Ya, saat ini teknologi AI telah merambah ke berbagai jenis industri di dunia, salah satunya industri furnitur. Kini, pengaplikasian teknologi AI bisa digunakan untuk merancang sebuah kursi.

Melansir Kompas.com, Minggu (14/4/2019), salah satu perusahaan perangkat lunak, Starck mencoba untuk membuat furnitur dengan bantuan AI.

Uniknya, perusahaan tersebut memanfaatkan software (purwarupa) yang dikembangkan oleh Autodesk untuk membuat kursi yang stabil, kuat, dan menggunakan material yang minimal.

Starck menyebutkan kalau kursi yang dihasilkannya merupakan furnitur pertama yang didesain tanpa melibatkan otak manusia dalam prosesnya.

Terobosan teknologi ini tentu bisa membantu perusahaan furnitur untuk membuat karya-karya lainnya dengan lebih efisien dan efektif.

Namun, ada dampak negatif dari hadirnya teknologi ini, yaitu menggerus peluang kerja desainer interior dan pembuat furnitur dengan proses manual (konvensional).


Peran lembaga pendidikan
Untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi, kemampuan soft skill seseorang sangatlah diperlukan. World Economic Forum (WEF) pada 2018 bahkan menyebutkan, setidaknya ada 10 kemampuan harus dikuasai manusia pada 5 tahun mendatang.

Beberapa di antaranya adalah pemikiran analitis, kreativitas, orisinalitas, inisiatif yang tinggi, pemecahan masalah yang kompleks, dan kecerdasan emosional.

Kemampuan-kemampuan tersebut tidaklah dimiliki mesin. Oleh karena itu, seorang pembuat furnitur dan desainer interior harus menguasai skil tersebut bila tidak ingin tergerus zaman.


Leave a Reply