Perusahaan Bisa Berperan dalam Kesetaraan Gender, Begini Caranya

  • 0

Perusahaan Bisa Berperan dalam Kesetaraan Gender, Begini Caranya

Category : Uncategorized


JAKARTA, KOMPAS.com – Kesetaraan gender menjadi hal yang penting, tidak terkecuali di dalam dunia profesional di perusahaan. Dalam hal ini, perusahaan pun dapat berperan penting mewujudkan kesetaraan gender. Bagaimana caranya?

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah memberikan gaji yang sama untuk pegawai perempuan dan laki-laki yang mengerjakan tugas yang sama.

Sebab, saat ini masih banyak pegawai perempuan yang digaji lebih rendah dibandingkan pegawai laki-laki untuk pekerjaan yang sama.

Stacey Kennedy, President South and Southeast Asia Philip Morris International mengungkapkan, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menutup kesenjangan gender di perusahaan.

Adapun pihaknya dua tahun lalu memulai inisiatif untuk memastikan pegawai perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan yang sama, termasuk gaji.

“Kami pastikan pegawai memperoleh gaji yang sana. Perempuan dan laki-laki yang melakukan pekerjaan yang sama harus digaji sama pula,” kata Kennedy ketika berbincang dengan Kompas.com di Singapura beberapa waktu lalu.

Kennedy menuturkan, pekerjaan rumah bagi banyak perusahaan adalah memastikan pegawai perempuan memperoleh gaji yang sama. Sebab, dia memandang tidak ada alasan pegawai perempuan menerima gaji yang lebih rendah.

Ia juga mengungkapkan, Philip Morris International memiliki standar dasar dalam kesetaraan gender, termasuk kesetaraan dalam pemberian gaji. Terkait hal ini, pihaknya bekerja sama dengan lembaga independen asal Swiss, EQUAL-SALARY.

Lembaga tersebut pun telah mengonfirmasi bahwa Philip Morris sudah memberikan gaji yang sama antara pegawai perempuan dan laki-laki.

Tak hanya itu, perusahaan tersebut juga telah membuka kesempatan karier yang sama bagi pegawai perempuan.

Kennedy menuturkan, dalam hal kesetaraan gender, Philip Morris juga telah diaudit oleh Pricewaterhouse Cooper (PwC).

“Philip Morris International adalah perusahaan pertama di dunia yang disertifikasi oleh EQUAL-SALARY (terkait kesetaraan gaji). Ini adalah hal yang sangat kami banggakan,” tuturnya.

Selain memberikan gaji yang sama, Kennedy menyebut pihaknya juga memberikan kesempatan yang sama dalam hal perekrutan.

Ia memastikan bahwa sistem perekrutan harus seimbang antara jumlah kandidat perempuan dan laki-laki.

“Kami tidak melakukan wawancara bila tidak ada kandidat perempuan sama sekali,” terangnya.

Ini pun berlaku bagi promosi jabatan. Kennedy berseloroh, dirinya tak segan meminta manajer meninjau ulang bila tak ada kandidat pegawai perempuan yang memiliki kualifikasi untuk promosi jabatan.

“Benarkah? Di Asia yang sebegini besar, tidak ada perempuan yang bertalenta. Saya minta manajer kembali untuk mencari perempuan bertalenta,” sebutnya.

Di tengah upaya untuk mendukung terwujudnya dunia yang lebih baik, adil, dan setara, tentu banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya dan yang mendasar adalah memberikan kesempatan karier yang sama bagi perempuan dan laki-laki.

Tanpa kecuali pembayaran gaji yang sama. Sebab, tidak ada satu alasanpun yang bisa menjadi dasar pemberian gaji yang lebih rendah bagi perempuan, padahal ia menjalankan tugas dan pekerjaan yang sama dengan laki-laki.


Leave a Reply