Pesan Wapres JK Untuk Para Pekerja Migran

  • 0

Pesan Wapres JK Untuk Para Pekerja Migran

Category : Uncategorized


Merdeka.com – Dalam peringatan hari Pekerja Migran Internasional yang jatuh pada tanggal 18 Desember, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyampaikan pesan-pesannya kepada calon pekerja migran Indonesia. Salah satunya mempersiapkan diri untuk bekerja di luar negeri.

Dia menjelaskan, banyak perbedaan jika bekerja di luar negeri, dibandingkan di dalam negeri. Sehingga, calon pekerja migran harus siap beradaptasi baik dengan perbedaan budaya, iklim hingga adat kebiasaan warga di negara penempatan.

“Karena itulah maka apa yang dikatakan di sini mau kerja ke luar negeri harus siap. Harus siap budaya, harus siap mental karena bekerja lama 2 sampai 3 tahun baru kembali,” kata Wapres JK di hadapan 6000 mantan dan calon pekerja migran, di Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (18/12).

Dia berpesan, agar calon pekerja migran harus mempersiapkan fisik sebaik mungkin, sebab di negara penempatan tentu membutuhkan fisik yang mendukung. Selain itu, mengenal budaya dan kebiasaan di luar negeri juga penting untuk memudahkan proses adaptasi.

Wapres JK mengungkapkan, bekerja di luar negeri tentu mempunyai manfaat namun juga mempunyai risiko yang tidak sedikit. Untuk itu, dia mengimbau agar penghasilan yang diperoleh selama bekerja di luar negeri nantinya digunakan untuk memulai usaha baru berskala kecil dan menengah atau UKM.

“Modal itulah yang kemudian dipakai untuk bagaimana meningkatkan pekerja pekerja di dalam negeri, dipakai untuk buka usaha di dalam negeri sehingga menimbulkan pekerja lain,” tutupnya. [azz]


Leave a Reply