PHK 3000 Pegawai, Ini Isi Surat dan Permohonan Maaf Bos Tesla

  • 0

PHK 3000 Pegawai, Ini Isi Surat dan Permohonan Maaf Bos Tesla

Category : Uncategorized


Jakarta, CNBC Indoneisa- Tesla memangkas jumlah pekerja penuh waktu sekitar 7% dari total pegawai atau sekitar 3.150 orang. Pemutusan kerja ini dilakukan dengan alasan akan meningkatkan produksi sedan Model 3-nya.

Pemutusan hubungan kerja (PHK) itu terjadi akibat berbagai langkah-langkah pemotongan biaya yang telah dilakukan perusahaan akhir-akhir ini demi meningkatkan margin dan meningkatkan profitabilitas.

CEO Tesla Elon Musk menyampaikan pemutus hubungan kerja karyawannya itu melalui surat elektonik Jumat 18 Januari 2019, dalam surat itu, Musk mengatakan perusahaan menghadapi tantangan yang sangat sulit menjual produk-produk kendaraaan yang terjangkau untuk jangka panjang dalam sekala besar, ia menyebut, Tesla adalah perusahaan yang masih relatih masih muda jika dibanding pemain lainya di industri terbut

Dilansir dari CNBC Berikut secara lengkap isi surel Elon Musk yang dikirimkan kepada seluruh karyawan Tesla:

Seperti yang kita semua alami, tahun lalu adalah yang paling menantang dalam sejarah Tesla. Namun, berkat usaha Anda, 2018 juga merupakan tahun paling sukses dalam sejarah Tesla: penjualan mobil di kuartal akhir 2017 hampir menyamai penjualan tahun lalu. Model 3 juga menjadi kendaraan premium terlaris tahun 2018 di AS. Ini benar-benar luar biasa.

Melihat ke depan pada misi Tesla untuk mempercepat kehadiran transportasi dan energi yang berkelanjutan, dalam perjalananya, kami menghadapi tantangan yang sangat sulit membuat kendaraan listrik dan produk tenaga surya alternatif yang kompetitif bila dibandingkan dengan kendaraan tradisional dan produk energi yang mengandalkan bahan bakar fosil.

Meskipun kami telah membuat kemajuan besar, produk kami masih terlalu mahal bagi kebanyakan orang. Tesla hanya memproduksi mobil selama sekitar satu dekade dan kami menghadapi pesaing besar. Efeknya adalah Tesla harus bekerja lebih keras daripada produsen lain untuk bertahan sambil membangun produk yang terjangkau dan berkelanjutan.

Di triwulan III tahun lalu, kami mampu menghasilkan laba 4%. Walaupun kecil, saya menganggap ini sebagai keuntungan pertama dalam 15 tahun sejak kami menciptakan Tesla. Hal itu didapatkan dari hasil penjualan Model 3 dengan harga lebih tinggi di Amerika Utara. Dalam laporan keuangan di triwulan IV yang belum diaudit menunjukkan, Tesla kembali memperoleh laba meski lebih kecil dari perolehan laba triwulan sebelumnya. Pada triwulan pertama tahun ini, melalui pengiriman varian Model 3 dengan harga lebih tinggi ke Eropa dan Asia diharapkan akan memungkinkan kami kembali memperoleh laba meski akan menghadapi tantangan besar.

Sejak Mei lalu, kami mengirimkan varian Model 3 kisaran menengah di semua pasar, karena kami perlu menjangkau lebih banyak pelanggan yang mampu membeli kendaraan kami. Selain itu, Tesla terus membuat varian Model 3 yang harganya lebih murah. Saat ini yang paling terjangkau adalah Model 3 mid-range (264 mile) dengan interior premium seharga $ 44 ribu. Kebutuhan akan varian yang lebih murah dari Model 3 menjadi lebih besar pada 1 Juli, ketika kredit pajak AS kembali turun setengahnya, membuat mobil kami $ 1.875 lebih mahal.

Maaf untuk semua angka-angka ini, tetapi saya ingin memastikan bahwa Anda mengetahui semua fakta dan memahami bahwa jalan di depan sangat sulit. Ini bukan hal baru bagi Tesla – kami selalu menghadapi tantangan yang signifikan – tetapi ini adalah kenyataan yang kami hadapi. Ada banyak perusahaan yang dapat menawarkan keseimbangan kehidupan-kerja yang lebih baik, karena mereka lebih besar dan lebih matang atau dalam industri yang tidak begitu kompetitif. Upaya membangun produk energi bersih yang terjangkau pada skala besar tentu membutuhkan upaya ekstrem dan kreativitas tanpa henti, tetapi keberhasilan dalam misi kita adalah penting untuk memastikan bahwa masa depan Anda tetap baik, jadi kami harus melakukan segala yang kami bisa untuk lebih dulu mengantisipasinya.

Sebagai akibat dari hal tersebut, sayangnya kami tidak punya pilihan selain mengurangi jumlah karyawan penuh waktu sekitar 7%. Tesla akan perlu melakukan pemangkasan ini sambil meningkatkan laju produksi Model 3 dan membuat banyak perbaikan teknik manufaktur dalam beberapa bulan mendatang. Volume yang lebih tinggi dan peningkatan desain pabrikan sangat penting bagi Tesla untuk mencapai target yang diperlukan untuk memproduksi rentang standar (220 mile), interior Model 3 standar pada $ 35k dan masih menjadikan Tesla sebagai perusahaan yang layak. Tidak ada cara lain selain memangkas karyawan.

Teruntuk Anda yang akan meninggalan Tesla, terima kasih atas apa yang telah Anda kerjakan untuk memajukan misi kami. Saya sangat berterima kasih atas kontribusi Anda untuk Tesla. Kami tidak akan berada di tempat ini, hari ini, tanpamu.

Bagi mereka yang saat ini masih bekerja di Tesla, meskipun ada banyak tantangan di depan, saya percaya, kami memiliki peta jalan produk yang paling menarik dari perusahaan produk konsumen mana pun di dunia.

Saya merasa terhormat bisa bekerja bersama Anda.

Terimakasih untuk semuanya,
Elon (gus)


Leave a Reply