Polri Sedang Petakan Penganut Doktrin Buruh Anarko Sindikalisme

  • 0

Polri Sedang Petakan Penganut Doktrin Buruh Anarko Sindikalisme

Category : Uncategorized


TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian mengatakan peringatan Hari Buruh Internasional berlangsung relatif aman di seluruh daerah di Indonesia. Namun Tito menyayangkan ulah kelompok berpaham Anarcho Syndicalism (Anarko Sindikalisme) yang melakukan keributan dan vandalisme di beberapa daerah saat peringatan berlangsung, kemarin, 1 Mei 2019.

“Ini memang ada semacam doktrin dari luar negeri mengenai masalah pekerja,” kata Tito di Ruang Rapat Utama, Markas Besar Polri, Jakarta, Kamis, 2 Mei 2019.

Paham Anarko Sindikalisme, ujar dia, merupakan fenomena internasional. Berkembang di Rusia, lalu menyebar ke negara-negara lain di Eropa. Paham ini mulai masuk ke Indonesia beberapa tahun terakhir

Menurut Tito kelompok Anarko terpantau ada di sejumlah daerah di Indonesia seperti DI Yogyakarta, Bandung, Surabaya, dan DKI Jakarta.

Tito mengatakan telah memerintahkan jajarannya memetakan kelompok ini setelah aksi pengrusakan dan vandalisme yang dilakukan pada Hari Buruh. “Menghadapi situasi itu, kami pasti tindak tegas.” Polri, kata dia akan memberikan pembinaan terhadap kelompok ini.


Leave a Reply