Begini Cara Pekerja Lepas di Singapura Cari Duit saat Corona

  • 0

Begini Cara Pekerja Lepas di Singapura Cari Duit saat Corona

Category : Uncategorized

Jakarta – Tak hanya Indonesia, warga Singapura juga ikut merasakan dampak ekonomi dari pandemi virus Corona. Industri pekerja kreatif di Singapura yang biasanya mendapatkan pekerjaan dari berbagai acara atau event juga mendapat dampak negatif.

Padahal, sebelum pandemi Industri pekerja kreatif di Singapura juga sedang berkembang. Tahun lalu, pekerja kreatif ini menyumbang hampir 9% dari angkatan kerja di Singapura atau sekitar 211.000 penduduk. Angka ini naik dari catatan di tahun 2016 yang sebanyak 200.000. Dari angka itu sekitar 80% merupakan pekerja lepas.

Penyanyi sekaligus penulis lagu, Jill-Marie Thomas mengaku sudah pupus harapannya ketika pandemi Corona tersebar ke seluruh penjuru dunia, karena hampir sekitar 9.000 acara di Singapura dibatalkan gara-gara pandemi Corona. Dia pun sangat bersyukur lantaran adailostmygig.sg, salah satu situs yang diluncurkan secara internasional untuk mendukung pekerja kreatif.

Untuk mengantisipasi dampak tersebut, Pemerintah Singapura pada Maret memberikan bantuan sekitar US$ 6.500 untuk pekerja lepas. Badan Budaya juga memberikan dukungan dengan Dewan Seni Nasional Singapura bermitra dengan Bigo Live salah satu platform streaming untuk meluncurkan SGLivehouse. Aplikasi ini akan menyajikan serangkaian pertunjukan virtual untuk membantu Thomas dan yang lainnya.

“Mereka mengirim peralatan. Kami bahkan memiliki tutorial tentang cara melakukan streaming, dan apa yang dapat kami lakukan untuk meningkatkannya,” kata Thomas.

Musisi berusaha 38 tahun ini mengatakan, eksperimen seperti ini bisa menjangkau seluruh penggemarnya dan mendapat penghasilan meskipun melalui acara secara online.

“Platform ini selalu ada di sini, platform online ini. Tapi dengan apa yang kami alami, itu hanya membuka mata. Saya rasa ini memberi kita semua kesempatan untuk melihat ke area lain yang mungkin kita telah abaikan,” katanya.

Selain itu, ada juga beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan di tengah pandemi Corona. Seperti mengubah cara berjualan dari offline ke online. Seperti yang dilakukan Ming Han Tan. Sebagai seorang pedagang jajanan tradisional, dirinya harus mencari pemasaran yang efektif di tengah pandemi Corona. Dirinya pun memutuskan untuk memasarkan produknya di media sosial seperti Facebook dan lainnya.

Selanjutnya, cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi pekerja lepas atau freelance adalah bisa memanfaatkan digital sebagai pundi-pundi pendapatan, khususnya bagi para pekerja sektor jasa.

Salah satu contoh adalah seorang konsultan harus bisa memanfaatkan digital agar tetap memberikan pelayanan. Apalagi di tengah Corona banyak yang terkena PHK dan biasanya membutuhkan konsultasi.


Leave a Reply