Imbas Resesi, Pengangguran Negeri K-Pop Tertinggi dalam 10 Tahun

  • 0

Imbas Resesi, Pengangguran Negeri K-Pop Tertinggi dalam 10 Tahun

Category : Uncategorized

Jakarta – Korea Selatan (Korsel) jatuh ke jurang resesi. Akibatnya, tingkat pengangguran negeri K-Pop ini juga melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari 10 tahun imbas pandemi virus Corona (COVID-19).

Menurut data Statistik Korsel dilansir Asia Nikkei, tingkat pengangguran naik menjadi 4,5% di bulan Mei dari 3,8% di bulan April. Itu merupakan yang tertinggi sejak Januari 2010. Jumlah pekerjaan menurun 392.000 dari tahun lalu.

Kondisi ini membuat jumlah orang yang menyerah mencari pekerjaan meningkat 39.000 dari tahun sebelumnya selama tiga bulan berturut-turut hingga Mei.

“PHK terbesar masih dari pengecer kecil, restoran dan penginapan. Tampaknya ada beberapa perbaikan di restoran tetapi toko-toko lainnya tampaknya masih berjuang,” kata seorang Pejabat Statistik Korea dikutip Kamis (23/7/2020).

Meningkatnya pengangguran ini menambah tantangan bagi negara ekonomi terbesar keempat di Asia. Padahal dalam kondisi seperti ini pemerintah ingin mengandalkan permintaan domestik untuk menopang pertumbuhan karena ekspor yang anjlok.

Kondisi rebound dalam waktu cepat masih diragukan karena melihat kasus virus Corona yang masih meningkat dari tempat-tempat ramai seperti gereja.


Leave a Reply