Pemulihan Ekonomi Global Dinilai Memakan Waktu Lama

  • 0

Pemulihan Ekonomi Global Dinilai Memakan Waktu Lama

Category : Uncategorized

Merdeka.com – Direktur Eksekutif CORE Indonesia, Mohammad Faisal memperkirakan pemulihan ekonomi secara global akan memakan waktu lama. Sebab, ketidakpastian masih tinggi, seiring dengan penyebaran virus yang masih luas ditambah jumlah kasus meningkat.

“Pemulihan ekonomi global menurut kami baru terjadi kalau wabah tertangani,” kata dia dalam sebuah diskusi di Jakarta, Senin (21/7).

Dia menambahkan, ekonomi global sendiri saat ini diperkirakan akan masuk jurang resesi. Resesi bahkan terdalam sejak 1930, dan terdalam juga sejak perang dunia kedua.

Lembaga-lembaga keuangan dunia seperti Bank Dunia, International Monetary Fund (IMF) dan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) juga telah pesimis terhadap pertumbuhan ekonomi global tahun ini.

“Ada prediksi di Januari awal tahun smp April makin pesimis dan terakhir bisa lihat IMF -4,9 persen OECD bahkan sampai minus 6 persen ini sangat bisa dimengerti karena kasus positif covid-19 di dunia terus meningkat,” kata dia.

Dia melanjutkan, proses pemulihan ke depan akan variatif tergantung dari berbagai kebijakan diambil oleh suatu negara. Indonesia sendiri bahkan sudah menggulirkan program pemulihan ekonomi nasional atau (PEN) dengan ratusan triliun. Itu diharapkan agar ekonomi domestik bisa bangkit.


Leave a Reply