Rupiah Akhir Pekan Dibuka Melemah

  • 0

Rupiah Akhir Pekan Dibuka Melemah

Category : Uncategorized

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Jumat (7/8/2020) melemah.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.19 WIB rupiah berada pada level Rp 14.598 per dollar AS. Rupiah melemah 12 poin atau 0,09 persen dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.586 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan pelemahan rupiah pagi ini terdorong oleh kekhawatiran pasar akan tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun yang mengalami pelemahan ke kisaran 0,527 parsen atau turun sekitar 2,1 persen.

“Hari ini rupiah bisa melemah karena sentimen negatif tersebut, ditambah lagi permintaan aset aman yang cukup tinggi bisa mengindikasikan kekhawatiran di pasar keuangan,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston mengatakan, pasar saat ini juga khawatir dengan gangguan pada pemulihan ekonomi secara global karena pandemi Covid-19 yang hingga kini belum dapat teratasi.

Selain itu, masalah memanasnya hubungan antara AS dan China juga semakin memperkeruh kondisi di pasar keuangan.

“Pasar khawatir dengan gangguan pemulihan ekonomi global, serta hubungan AS dan China yang meregang. Rupiah bisa mengalami pelemahan hari ini karena kekhawatiran tersebut,” jelas dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.500 per dollar AS sampai dengan Rp 14.700 per dollar AS.

 


Leave a Reply