Rupiah Dibuka Menguat Tajam Didorong Paket Stimulus AS

  • 0

Rupiah Dibuka Menguat Tajam Didorong Paket Stimulus AS

Category : Uncategorized

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (5/8/2020) menguat tajam. Mengutip data Bloomberg pukul 09.20 WIB, rupiah berada pada level Rp 14.524 per dollar AS atau menguat tajam 100 poin (0,69 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.624 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan pagi ini mata uang emerging markets terlihat menguat terhadap dollar AS. Hal ini didukung oleh prospek persetujuan stimulus lanjutan pemerintah AS senilai 1 triliun dollar AS untuk memulihkan ekonomi AS yang terdampak pandemi.

“Stimulus yang besar memberikan sentimen positif ke aset berisiko karena stimulus berdampak positif ke perekonomian. Rupiah berpotensi menguat,” kata Ariston kepada Kompas.com, Rabu (5/8/2020).

Ariston mengatakan dengan stimulus berjumlah besar tersebut, tentunya bisa menekan nilai tukar dollar AS, karena potensi banyaknya uang yang beredar.

Ariston memproykesikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.500 per dollar AS samapi dengan Rp 14.700 per dollar AS.


Leave a Reply