Rupiah Hari Ini Melemah terhadap Dollar AS

  • 0

Rupiah Hari Ini Melemah terhadap Dollar AS

Category : Uncategorized


JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Kamis (30/1/2020) mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 13.657 atau melemah 0,17 persen dibandingkan sebelumnya di posisi Rp 13.634 per dollar AS.

Menurut Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim, kondisi global yang terus tak menentu. Hal ini mengharuskan pemerintah dan BI harus memperkuat stabilitas ekonomimya.

“Dengan cara melakukan strategi bauran kebijakan baik moneter maupun yang lainnya bisa meningkatkan kepercayaan pasar terhadap perekonomian dalam negeri sehingga arus modal kembali masuk,” kata Ibrahim.

Di samping itu Bank Indonesia harus kembali menurunkan suku bunga acuan guna untuk menjaga pertumbuhan ekonomi, agar sesuai dengan target yang di inginkan yakni di 5,1 persen sampai 5,2 persen.

Sebelumnya Bank Indonesia (BI) juga melakukan intervensi di pasar valas dan obligasi untuk perdagangan DNDF yang mana perdagangan tersebut sudah aktif bertransaksi sejak pagi.

“Intervensi bersama yang dilakukan oleh Bank Indonesia dan pemerintah sore ini belum bisa menguatkan rupiah, yang terpenting pemerintah dan BI sudah melakukan antisipasi dan perlu di apresiasi apa yang di lakukannya,” jelasnya.

Di sisi lain, pelemahan rupiah juga terjadi sebagai dampak dari merebaknya wabah virus corona di China. Hasil riset S&P menunjukkan virus corona akan memangkas pertumbuhan ekonomi China sebesar 1,2 persen.

Ketika perekonomian China memburuk, maka kondisi ekonomi global juga akan turut karena China merupakan negara dengan nilai ekonomi terbesar kedua di dunia setelah AS.

Pertumbuhan ekonomi China dapat turun menjadi 5 persen atau bahkan lebih rendah karena wabah koronavirus, mungkin mendorong pembuat kebijakan untuk memperkenalkan langkah-langkah stimulus lebih lanjut,

“Itu akan memberikan pukulan hebat bagi ekonomi lain yang sangat bergantung pada permintaan China,” jelasnya.

Sementara kurs referensi Jisdor Bank Indonesia hari ini juga melemah ke posisi Rp 13.652 per dollar AS dibandingkan kemarin pada 13.634.


Leave a Reply