Rupiah Pagi Ini Dibuka Menguat

  • 0

Rupiah Pagi Ini Dibuka Menguat

Category : Uncategorized

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Kamis (13/8/2020) menguat.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.11 WIB rupiah berada pada level Rp 14.742 per dollar AS atau menguat 18 poin (0,13 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.760 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan penguatan rupiah pagi ini terdorong sentimen positif pasar karena penguatan bursa saham Asia mengikuti penguatan bursa AS.

“Sentimen pasar terlihat positif untuk aset berisiko dengan indeks saham Asia bergerak menguat mengikuti penguatan yang terjadi di Pasar saham AS semalam,” kata Ariston kepada Kompas.com, Kamis (13/8/2020).

Selain itu, Ariston mengatakan nilai tukar emerging markets juga terlihat menguat pagi ini terhadap dollar AS, sehingga rupiah berpotensi bergerak menguat.

Di sisi lain, pasar masih menantikan persetujuan paket stimulus kedua AS untuk membantu pemulihan ekonomi AS di tengah pandemi Covid-19. Ia menilai, pasar mungkin merespon positif indikasi pemulihan ekonomi global.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.650 per dollar AS sampai dengan Rp 14.850 per dollar AS.


Leave a Reply