Menhub: Pelabuhan Patimban Ciptakan 200 Ribu Lapangan Kerja Baru

  • 0

Menhub: Pelabuhan Patimban Ciptakan 200 Ribu Lapangan Kerja Baru

Category : Uncategorized

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut proyek Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, bakal membuka kesempatan kerja baru, khususnya bagi masyarakat di sekitar pelabuhan.
Menurut Budi Karya, setidaknya pelabuhan baru tersebut bisa menciptakan sebanyak 200 ribu lapangan kerja baru.
“Patimban bisa memberikan satu efek yang luar biasa. Kita harapkan paling tidak ada 200 ribu lapangan kerja baru,” ujar Budi Karya dalam webinar Pelabuhan Patimban dan Kinerja Logistik Nasional, Jumat (27/11).
Saat ini, kata Budi Karya, pemerintah juga mulai memberikan berbagai pelatihan kewirausahaan khusus untuk ibu-ibu di sekitar pelabuhan. Termasuk juga dengan pembentukan koperasi hingga pemberdayaan masyarakat setempat.
“Sekarang pun kami sudah memberikan diklat-diklat, kewirausahaan, pemberdayaan masyarakat, pembentukan koperasi. Bahkan ibu-ibu diberikan pelatihan untuk kerajinan, dan itu diberikan pada ibu-ibu yang ada di sekitar patimban,” tuturnya.
Selain itu, pemerintah juga memberikan pelatihan bagi nelayan setempat, khususnya pelatihan untuk menjadi operator di pelabuhan. Hal ini bertujuan agar tenaga-tenaga operator saat pelabuhan sudah beroperasi, diutamakan berasal dari warga setempat.
Budi Karya optimistis, selain membuka lapangan kerja baru, pembangunan pelabuhan juga akan mendongkrak perekonomian di Jawa Barat.
“Bagi mereka yang berprofesi nelayan pun kita berikan pendidikan, dan juga khususnya operator pendukung Patimban. Sehingga ini menjadi bola salju yang membuat Patimban itu memiliki satu kekuatan ekonomi,” pungkas Budi Karya.

Leave a Reply