8.000 Orang Pengangguran di Banjarmasin Berebut Cari Kerja

  • 0

8.000 Orang Pengangguran di Banjarmasin Berebut Cari Kerja

Category : Uncategorized


Ribuan orang pencari kerja memadati Taman Kamboja, Kota Banjarmasin ketika pembukaan career expo pada Senin (22/4). Dinas Koperasi Usaha Menengah dan Ketenagakerjaan Kota Banjarmasin memang membuka job fair merespons masih banyaknya pengangguran.

Kepala Dinas KUMTK Banjarmasin, Priyo Eko Wusono, berkata ada 1.000 lowongan tersedia pada job fair yang merupakan rangkaian dari Career Expo Banjarmasin Tahun 2019. Pada awal 2019, Priyo berkata angka pengangguran di Kota Banjarmasin tercatat 8.000-an orang yang mengacu data kartu pencari kerja.

Mereka terdiri dari 7.500-an orang belum mendapat pekerjaan, dan 512 orang sisanya mengalami putus hubungan kerja selama tahun 2018.

“Dengan 1.000 lowongan hari ini, kami harapkan mampu mengurangi angka pengangguran. Kami selalu berusaha lewat berbagai cara, termasuk peningkatan UMKM agar pengangguran terus berkurang,” ucap Priyo EKo Wusono kepada wartawan banjarhits.id, Senin (22/4).

Priyo menyebut ada 40 perusahaan di Banjarmasin yang menawarkan 1.000 lowongan kerja ini, seperti industri jasa keuangan, pinjaman modal, penyedia jasa layanan elektronik, dan rumah tangga. Job fair dibuka pada 22 – 24 April 2019.

“Ada dari beberapa bank seperti Bank Danamon dan Bank Mandiri. Kemudian ada penyedia pinjaman modal seperti Oto, Home Credit, minimarket juga Indomaret. Kemudian ada hotel Mercure, Aston juga, banyak lah pokoknya,” ungkap Priyo.

Melalui job fair, ia berharap bisa menekan angka pengangguran di Banjarmasin. Selain itu, Priyo mengimbau perusahaan swasta membayar gaji sesuai ketentuan UMK.

“Kami sangat menghindari ini. Jangan sampai jerih payah orang tidak dibayar hanya karena tidak sesuai target. Dengan adanya 1.000 lowongan, ya setidaknya ada 15 persen berkurang angka pengangguran di Banjarmasin ini,” pungkas Priyo


Leave a Reply