Melemah, Rupiah Kembali di Atas Rp 15.500 Per Dollar AS

  • 0

Melemah, Rupiah Kembali di Atas Rp 15.500 Per Dollar AS

Category : Uncategorized

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Selasa (21/4/2020) kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.16 WIB rupiah berada pada level Rp 15.550 per dollar AS atau melemah 0,89 persen dibandingkan penutupan Senin pada level Rp 15.412 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, hari ini rupiah diproyeksikan bergerak melemah.

“Sentimen negatif membayangi pergerakan harga aset berisiko pagi ini, indeks saham Asia juga terlihat tertekan,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston menilai, pelemahan bursa saham Asia akibat penurunan harga minyak berjangka untuk kontrak Mei yang akan kadaluwarsa hari ini.

“Semalam turun di bawah nol karena banyak trader menolak menerima pengiriman minyak fisik akibat tidak adanya tempat penyimpanan yang kosong,” ungkap dia.

Ariston juga mengatakan, penurunan harga minyak ini mengindikasikan ekonomi global masih tertekan karena wabah corona sehingga kebutuhan minyak mentah sebagai sumber energi jauh berkurang.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 15.350 per dollar AS sampai dengan Rp 15.550 per dollar AS.

 


Leave a Reply