Pengusaha Siap Kasih Uang Lembur ke Pekerja yang Masuk saat Pemilu

  • 0

Pengusaha Siap Kasih Uang Lembur ke Pekerja yang Masuk saat Pemilu

Category : Uncategorized


Para pengusaha siap untuk memberikan uang lembur kepada pekerjanya atau buruh yang masuk pada saat Pemilu 2019.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menegaskan, pihaknya juga tetap memberikan waktu kepada pekerja untuk memberikan haknya saat Pemilu 2019.

“Enggak masalah kalau itu sih, karena liburnya sudah diumumkan dari jauh hari. Kalau masuk juga dia wajib kita berikan waktu untuk memilih dulu. Jadi siap saja untuk uang lembur,” ujar Hariyadi kepada kumparan, Selasa (16/4).

Menurut dia, yang menjadi persoalan adalah jika jadwal libur bersama diambil secara mendadak dan sepihak oleh pemerintah. Hal tersebut mengakibatkan kerugian biaya pada pengusaha.

“Kalau yang bikin kita rugi itu kan kalau liburnya diambil mendadak, kayak tahun lalu ada cuti bersama tambahan. Padahal kita bayarnya tetap 40 jam per minggu,” jelasnya.

Hariyadi pun berharap, Pemilu 2019 bisa berjalan dengan aman dan kondusif. Dia pun optimistis tak ada persoalan yang mengakibatkan keributan pada kedua kubu.

“Tapi saya yakin aman, kan TNI Polri juga sudah lakukan persiapannya jauh-jauh hari. Aman Insyaallah,” tambahnya.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Hari Libur Bagi Pekerja/Buruh pada Pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019, para pekerja/buruh yang bekerja pada hari dan tanggal pemungutan suara, berhak atas upah kerja lembur dan hak-hak lainnya yang biasa diterima pekerja/buruh yang dipekerjakan pada hari libur resmi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, pengusaha harus memberikan kesempatan kepada pekerja/buruh untuk melaksanakan hak pilihnya. Apabila pada hari dan tanggal pemungutan suara tersebut pekerja/buruh harus bekerja, maka pengusaha mengatur waktu kerja agar pekerja/buruh tetap dapat menggunakan hak pilihnya.


Leave a Reply