Nilai Tukar Rupiah Ditutup Stagnan di Level Rp14.485 per USD

  • 0

Nilai Tukar Rupiah Ditutup Stagnan di Level Rp14.485 per USD

Category : Uncategorized

Merdeka.com – Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) ditutup stagnan di level Rp14.485 per USD. Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang Rupiah kemungkinan dibuka berfluktuasi namun ditutup melemah direntang Rp14.470 hingga Rp14.500 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan, pemerintah pusat terus melakukan pengawasan yang ketat wilayah DKI Jakarta yang saat ini mengalami peningkatan penularan kasus Covid-19 terutama terjadi pada klaster perkantoran.

“Penularan terjadi karena karyawan semakin mengabaikan protokol kesehatan saat melakukan aktivitas di luar kantor seperti berbuka puasa bersama, yang merupakan tradisi bagi umat Islam di saat bulan puasa,” ujarnya, Selasa (27/4).

Sebagai informasi, Dinas tenaga kerja DKI Jakarta mencatat pada periode 5-19 April ada 61 kasus yang berasal dari 98 perusahaan yang melapor di DKI Jakarta. Dan periode 12-18 April naik menjadi 100 dari 97 perusahaan yang melaporkan. Kemudian pada 19 – 25 April ada 159 kasus positif di 198 perusahaan yang melapor.

Lonjakan di perkantoran terjadi karena di saat bulan Ramadan pekerja seusai jam kerja cenderung melakukan kegiatan buka bersama di restoran, di mana di restoran tidak menggunakan masker saat berkumpul, juga tempat duduk tidak berjarak karena dianggap satu komunitas.

Berdasarkan hasil kajian, perusahaan di DKI Jakarta masih disiplin menerapkan protokol kesehatan. Seperti pekerja masih 50 persen WFH, pola shifting hanya 25 persen yang masuk, justru peningkatan kedisiplinan melihat dari pengecekan Covid-19 untuk pekerja yang semakin rutin.

Selain itu, dijelaskan sejumlah karyawan yang sudah melakukan vaksinasi baik dosis satu dan dua pun masih terpapar Covid -19. Sosialisasi sudah dan terus dilakukan, perusahaan juga harus terus melapor secara rutin 1-2 bulan sekali, karena tidak jaminan dari vaksinasi pekerja tidak terpapar.


Leave a Reply