Resmikan BLK Komunitas Milik Serikat Pekerja, Menaker Ida Dukung Peningkatan Kompetensi Buruh

  • 0

Resmikan BLK Komunitas Milik Serikat Pekerja, Menaker Ida Dukung Peningkatan Kompetensi Buruh

Category : Uncategorized

KOMPAS.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas milik Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) bisa menjadi salah satu solusi menghadapi rendahnya kompetensi.

“Dengan memperluas penerima program BLK Komunitas kepada basis SP/SB, maka persoalan rendahnya kompetensi dan daya saing dalam mengahadapi revolusi industri 4.0 bisa cepat kita atasi melalui dukungan dari teman-teman SP/SB,” katanya.

Dia mengatakan itu saat meresmikan BLK Komunitas SP/SB milik Federasi Serikat Pekerja Panasonic Gobel (FSPPG) K-Sarbumusi dalam suasana Hari Buruh Internasional atau May Day 2021 di Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (4/5/2021).

Adapun, BLK Komunitas ini memiliki program kejuruan teknik pendingin.

Ida mengatakan, berdirinya BLK Komunitas ini tak lepas dari peran manajemen Panasonic Gobel dan FSPPG dalam membangun hubungan industrial yang harmonis dan kondusif.

“Kita terus bersama-sama membangun Indonesia yang lebih baik melalui hubungan industrial yang semakin kondusif, memberikan keadilan, yang pada akhirnya mampu memberikan kesejahteraan kepada pekerja,” katanya dalam keteragan tertulis yang diterima Kompas.com.

Ida pun mengapresiasi hubungan industrial yang dibangun manajemen Panasonic Gobel dan FSPPG tersebut. Dia berharap keberhasilan mereka membangun BLK Komunitas menjadi contoh bagi SP/SB lainnya.

“Ini adalah model, ini adalah contoh, ini adalah inspirasi bagi teman-teman SP/SB membangun hubungan industrial yang kondusif, hubungan industrial yang susbtantif,” ujar Menaker Ida.

Lebih lanjut, Ida menjelaskan, program BLK Komunitas bagi SP/SB merupakan bagian dari perluasan penerima manfaat BLK Komunitas yang sebelumnya hanya diperuntukkan bagi komunitas keagamaan.

Program BLK Komunitas dimulai sejak 2017 dan menyasar lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekha, dan pasraman. Hingga saat ini, sebanyak 2.127 lembaga BLK Komunitas telah didirikan.

Mulai 2020, sasaran program tersebut diperluas dengan melibatkan SP/SB. Ini karena SP/SB merupakan komunitas yang lekat secara langsung dengan tugas, fungsi, dan peran Kementerian Ketenagakerjaan.

“Agar SP/SB menjadi bagian penting peningkatan SDM melalui pembangunan BLK Komunitas,” jelas Ida.


Leave a Reply