Sempat Gelar Demo Besar, Buruh Pan Brothers Ngantor Lagi

  • 0

Sempat Gelar Demo Besar, Buruh Pan Brothers Ngantor Lagi

Category : Uncategorized

Jakarta – Ribuan buruh PT Pan Brothers Tbk di Boyolali demo besar menuntut THR tidak dicicil dan gaji Mei dibayar, Rabu (5/5/2021). Mediasi pun dilakukan antara buruh dengan manajemen PT Pan Brothers Tbk Boyolali bersama Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Dinkopnaker) Boyolali.

Proses mediasi yang berlangsung hingga malam itu akhirnya membuahkan kesepakatan.

“Sudah ada kesepakatan antara serikat buruh, perwakilan pekerja non serikat dengan pihak manajemen PT Pan Brothers,” kata Kepala Dinkopnaker Boyolali, M. Syawaludin, kepada para wartawan Kamis (6/5/2021).

Kesepakatan tersebut antara lain perusahaan sanggup membayar gaji seluruh karyawan pada 7 Mei 2021. Perubahan tanggal pembayaran itu dapat dipahami dan disepakati oleh perwakilan pekerja dan serikat pekerja.

Para pihak juga sepakat pembayaran tunjangan hari raya (THR) 2021 tetap mengacu kepada kesepakatan yang telah dibuat antara pihak pengusaha dan serikat pekerja, yaitu diberikan secara bertahap atau dicicil. Dimana pembayaran tahap pertama dilakukan pada tanggal 6 Mei 2021 hari ini.

Para pihak juga sepakat menjaga suasana kondusif di dalam lingkungan perusahaan demi kelancaran proses produksi dan operasional perusahaan. Keputusan perusahaan mengenai kebijakan pembayaran gaji dan THR tahun 2021 diatas berlaku untuk seluruh grup PT Pan Brothers Tbk, termasuk PT Eco Smart Marment Indonesia Sambi dan Klego.

Dengan adanya kesepakatan tersebut, seluruh pekerja masuk kerja seperti biasa mulai tanggal 6 Mei 2021 hari ini. Buruh PT Pan Brothers di Desa Butuh, Kecamatan Mojosongo dan di Kecamatan Sambi, sudah kembali bekerja hari ini. Namun sebagian karyawan yang di pabrik, di Kecamatan Klego, hari ini kembali melakukan aksi unjuk rasa.

Sementara itu Senior HRM Manager PT. Pan Brothers Tbk dan group untuk area Jateng, Yusi Hersanty, menyatakan dari audiensi di PT. Pan Brothers Tbk yang berlokasi di Desa Butuh, Kecamatan Mojosongo, Boyolali kemarin memang sudah terjadi kesepakatan. Gaji seluruh karyawan akan diselesaikan tanggal 7 Mei 2021 secara penuh.

“Untuk THR sesuai dengan kesepakatan untuk tahap pertama akan kami berikan tanggal 6 Mei 2021 sebesar 12,5 persen. Kami memberlakukan sistem yang sama untuk grup kami di Jawa Tengah,” ujar Yusi kepada para wartawan saat menemui pada pendemi di PT Eco Smart Garment Indonesia (Grup PT Pan Brothers Tbk) di Klego, Boyolali, Kamis (6/5/2021).

Kesepakatan yang sama juga sudah disampaikan kepada para karyawan yang berada di PT ESGI Sambi dan Klego. Dia mengakui, perusahaan saat ini memang sedang ada masalah terkait dengan cash flow perusahaan karena dampak pandemi COVID-19.

“Jadi kami memang ada permasalahan mengenai cas flo, cas ini kan uang cairnya kami, sehingga harus betul-betul mengatur prioritas cas flo kami untuk memastikan keberlangsungan perusahaan,” kata Yusi.

Pihaknya pun mengharapkan semua karyawan dapat kembali bekerja. Pihaknya berharap mendapatkan suport maksimal dari para karyawan untuk menjaga keberlangsungan perusahaan.

“Apabila ada permasalahan bisa dibicarakan sesuai dengan prosedur yang berlaku,” harap dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ribuan buruh PT Pan Brothers Tbk di Boyolali melakukan aksi demo Rabu (5/5/2021). Mereka tidak puas dengan kebijakan perusahaan yang membayar gaji bulan ini dan THR 2021 dengan cara dicicil.

“THR dicicil, gaji dicicil. Maksudnya gimana,” teriak salah seorang buruh dalam aksi unjuk rasa, Rabu (5/5/2021).

Salah seorang buruh yang enggan disebut namanya mengungkapkan, unjuk rasa terjadi secara spontan. Hal itu dipicu ketidakpuasan buruh setelah mendapat pengumuman dari manajemen jika gaji bulan ini dicicil dua kali.

Rabu pagi kemarin mereka mendapat pengumuman dari manajemen jika gaji akan diberikan dalam dua tahap. Gaji tahap pertama diberikan Rabu kemarin. Kemudian gaji kedua akan diberikan pada tanggal 10 Mei 2021.

Tak puas kebijakan itu, mereka pun langsung berhenti kerja dan melakukan aksi unjuk rasa. Demo kemarin juga dilakukan oleh karyawan grup PT Pan Brothers Tbk yaitu di PT ESGI Klego dan Sambi, Boyolali.


Leave a Reply