Perang Dagang Mereda, Wall Street Ceria

  • 0

Perang Dagang Mereda, Wall Street Ceria

Category : Uncategorized


NEW YORK, KOMPAS.com – Saham-saham di Wall Street Amerika Serikat mengalami lonjakan pada penutupan perdagangan Senin, (3/12/2018) waktu setempat didorong optimisme terhadap perang dagang yang mungkin akan berakhir.

Dikutip dari Foxbusiness, Dow Jones Industrial Avarage meningkat tajam 287,97 poin atau 1,13 persen menjadi 25.826,43. Sementara indeks S&P500 naik 30,2 poin atau 1,09 persen menjadi 2.790,37, dan indeks Nasdaq Composite pun mengalami lonjakan 110,98 poin atau 1,51 persen menjadi 7.441,51.

Investor lebih fokus kepada pernyataan utama dalam pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi JInping yang sepakat untuk melakukan gencatan senjata dalam kurun waktu 90 hari untuk mengurangi perselisihan dan lebih mengintensifkan negosiasi perdagangan.

Xi Jinping berjanji China akan meningkatkan permintaannya terhadap komoditas energi, industri dan pertanian AS untuk mengurangi defisit perdagangan AS terhadap China.

Penasihat Ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan, komitmen yang dilakukan oleh China seharusnya segera memberikan dampak terhadap kondisi ekonomi AS.

Sementara itu di pasar saham, perusahaan-perusahaan berkapitalisasi besar dipimpin oleh Amazon, kemudian disusul oleh Microsoft dan Apple, berlomba-lomba untuk menempati posisi pertama sebagai perusahaan dengan valuasi pasar terbesar di AS.

Di sisi lain perusahaan-perusahaan yang sensitif terhadap perdagangan seperti Boeing dan Caterpillar juga mengalami peningkatan harga saham.

Perkembangan perdagangan China dan AS pun turut membangun optimisme di pasar saham global, dengan indeks saham China menguat 2,5 persen, dan indeks saham Jepang 1,3 persen. Sementara itu di Eropa, indeks saham Jerman, DAX menguat signifikan hingga 2,5 persen.


Leave a Reply