Bangun KEK Rebana, Jabar Minta Pemerintah Percepat Pembangunan Tol Cisumdawu

  • 0

Bangun KEK Rebana, Jabar Minta Pemerintah Percepat Pembangunan Tol Cisumdawu

Category : Uncategorized


Merdeka.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) tengah mendorong pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus KEK Segitiga Rebana (Cirebon-Subang-Kertajati). KEK Rebana bakal dibangun untuk berbagai zona industri yang berorientasi ekspor dan punya daya saing.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Provinsi Jawa Barat, Arifin Soedjayana mengatakan, pihaknya membutuhkan dukungan pemerintah pusat dalam membangun KEK Rebana. Dukungan yang paling dibutuhkan yakni infrastruktur pendukung konektivitas.

Dukungan infrastruktur sudah ada seperti kehadiran Pelabuhan Patimban, Bandar Kertajati, dan Pelabuhan Cirebon. Ini menjadi modal pengembangan KEK Rebana ke depan.

“Kita punya kekuatan penting di situ ada Patimban yang sekarang on progres, 2020 mudah-mudahan bisa launching. Kemudian Kertajati sudah, kemudian pelabuhan Cirebon ada itu adalah salah satu daya dukung dari konektivitas termasuk Cisumdawu,” kata dia, dalam gelaran ‘IBEF 2019’, di JCC, Jakarta, Jumat (19/7).

Karena itu dia pun mengharapkan pemerintah dapat mendukung percepatan pembangunan tol Cisumdawu. Sebab memiliki kontribusi penting bagi KEK Rebana.

“Saya mohon (pemerintah pusat) bisa mendorong Cisumdawu rada susah untuk perwujudannya. Jadi memang harus putar dulu ke Cipali,” ujar dia.

Jika KEK Rebana rampung, maka akan memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi terutama di wilayah timur Provinsi Jabar. KEK Rebana nantinya diarah menjadi ‘rumah’ bagi industri di wilayah Jawa Barat.

“Jawa Barat ke timur Akan lebih berkembang dalam rangka mempercepat supaya pertumbuhan ekonomi di Timur bisa lebih meningkat,” urai dia.

“Kita ingin coba, karena teman-teman di Jakarta sekarang mengonsumsi air dari Citarum, dan mungkin tingkat polusi sudah sangat tinggi, industri tekstil akan kita coba dirikan di kawasan timur. Itu kawasan industri Rebana,” tandasnya.


Leave a Reply