Hai Gen Z! Ini 7 Pekerjaan Paling Menjanjikan Di Masa Depan

  • 0

Hai Gen Z! Ini 7 Pekerjaan Paling Menjanjikan Di Masa Depan

Category : Uncategorized


Bisnis.com, JAKARTA – Pekerjaan apa saja yang kira-kira bakal mencetak peluang terbesar secara global di masa depan?

Menghimpun data LinkedIn, laporan terkini World Economic Forum (WEF) mengungkapkan beberapa jenis bidang pekerjaan yang berpeluang mencatat kebutuhan tinggi dalam tiga tahun ke depan.

Di antara tujuh klaster profesional utama yang diidentifikasi dalam studi tersebut, peluang kerja di bidang sales, marketing, dan content (penjualan, pemasaran, dan konten) diperkirakan akan mengalami salah satu pertumbuhan terbesar pada 2022.

Angka peluang kerja di bidang tersebut dilihat akan naik 43,7 persen dari 87 pada tahun 2020 menjadi 125 peluang baru untuk setiap 10.000 peluang di pasar tenaga kerja pada 2022.

Peluang profesi yang dibutuhkan di bidang ini di antaranya adalah Digital Marketing Specialist, Content Specialist, dan Customer Success Specialist.

Nah, laporan WEF juga mengidentifikasi skill yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan impian di bidang tersebut.

Kombinasi keterampilan dasar teknologi seperti media sosial dan kemampuan memimpin cenderung akan dicari dari para profesional penjualan, pemasaran, dan konten.

Keterampilan lain yang dipandang penting di antaranya adalah content marketing, digital marketing, copywriting, dan analisis data.

Selain sales dan marketing, profesi di bidang engineering dan cloud computing ternyata juga akan sangat dibutuhkan dalam tiga tahun ke depan. Angka peluang kerja di bidang ini dilihat akan meningkat 51,7 persen dari 60 pada 2020 menjadi 91 pada 2022.

Peluang profesi di bidang engineering dan komputasi awan atau cloud computing yang dibutuhkan adalah DevOps Engineer dan Full Stack Engineer.

Mengungguli kedua bidang itu adalah data dan AI (artificial intelligence/kecerdasan buatan), dengan angka peluang kerja yang dilihat melonjak 57,7 persen dari 78 pada 2020 menjadi 123 peluang baru per 10.000 peluang dalam pasar tenaga kerja pada 2022.

Berbeda dengan bidang data dan AI ataupun cloud computing, pengetahuan yang mumpuni soal teknologi kurang dibutuhkan untuk dua klaster lain, yakni bidang pengembangan produk serta masyarakat dan budaya.

Selain lima klaster profesional yang diidentifikasi di atas, analisis terbaru tentang tren pasar tenaga kerja global dan lokal juga mengidentifikasi pertumbuhan peluang pekerjaan yang kuat dalam dua klaster profesional yaitu green economy jobs dan care economy jobs.

Green economy jobs terkait dengan pekerjaan yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan manusia sekaligus mengurangi risiko lingkungan yang signifikan. Adapun care economy jobs berhubungan dengan layanan publik.

“Permintaan untuk faktor-faktor digital dan manusia mendorong pertumbuhan dalam profesi-profesi di masa depan,” tulis WEF dalam laporannya.


Leave a Reply