Rupiah Dibuka Menguat

  • 0

Rupiah Dibuka Menguat

Category : Uncategorized

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang ditransaksikan di pasar spot pagi ini Kamis (1/10/2020) menguat.

Melansir Bloomberg, pukul 09.06 WIB rupiah dibuka pada level Rp 14.825 per dollar AS. Rupiah menguat 55 poin atau 0,37 persen dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.880 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, penguatan rupiah terdorong sentimen positif yang membayangi pergerakan pasar keuangan hari ini usai data-data ekonomi AS yang dirilis kemarin menunjukkan hasil positif.

“Rupiah berpotensi menguat terhadap dollar AS, sentimen positif membayangi pergerakan pasar keuangan hari ini setelah data ekonomi AS yang dirilis semalam seperti data tenaga kerja, data GDP kuartal II final dan data penjualan rumah lebih bagus dari ekspektasi pasar,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston mengatakan hal ini meredakan kekhawatiran pasar terhadap potensi perlambatan pemulihan ekonomi AS.

Hal tersebut berdampak pada pelemahan dollar AS terhadap mata uang regional, yang sekaligus mampu mendorong penguatan rupiah pagi ini.

Di sisi lain, pembicaraan terkait stimulus fiskal sebesar 2,2 triliun dollar AS yang masih dinegosiasikan antara Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin, dinilai membantu meredakan kekhawatiran pasar sehingga dollar AS melemah.

Sementara itu, sentimen domestik muncul dari potensi perlambatan pemulihan ekonomi yang terjadi.

Ancaman resesi di depan mata yang kian nyata menjadi sebuah tantangan yang mau tidak mau bakal menghantam ekonomi domestik.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.800 per dollar AS sampai dengan Rp 14.950 per dollar AS.


Leave a Reply