Kata Menaker Hanif Soal PHK Pegawai Saat Supermarket Giant Ditutup Kembali

  • 0

Kata Menaker Hanif Soal PHK Pegawai Saat Supermarket Giant Ditutup Kembali

Category : Uncategorized


Merdeka.com – Kabar mengejutkan awal pekan ini datang dari Supermarket Giant Ditutup. Jaringan bisnis PT Hero Supermarket Tbk (HERO) dikabarkan bakal kembali menutup beberapa gerainya. Dari kabar yang beredar, terdapat 6 supermarket Giant yang akan ditutup pada 28 Juli 2019.

Salah satu hal yang menjadi pertanyaan yakni bagaimana nasib para karyawan yang selama ini bekerja di ke-6 supermarket tersebut?

Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, masih enggan memberikan banyak komentar terkait hal tersebut. Dia mengaku masih harus mendalami kabar tersebut.

“Aku belum cek. Aku cek dulu,” kata dia saat ditemui, di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (24/6).

Dia mengatakan bahwa, lazimnya pihak Kementerian Ketenagakerjaan selalu mendapatkan laporan bila ada kejadian pemutusan hubungan kerja alias PHK atau jika ada perusahaan yang tidak menjalankan tanggung jawab kepada karyawan yang di-PHK.

“Kasus ya ada saja. Tapi kita selalu report kok. PHK kita setiap tahun seberapa banyak. Yang ditangani berapa banyak. Kan di awal-awal tahun selalu kita dapat report (laporan),” ujarnya.

Terkait kabar penutupan gerai-gerai Giant ini, Hanif mengatakan belum ada laporan yang masuk ke kementeriannya. “Yang ini (Giant) belum. Saya harus cek dulu,” tandasnya.

Adapun keenam gerai Giant yang dikabarkan akan melakukan penutupan toko pada 28 Juli 2019 mendatang yakni :

1. Giant Ekspres Cinere Mall, Alamat : JL. Cinere Raya – Jakarta

2. Giant Ekspres Mampang, Alamat : JL. Mampang Prapatan Raya No.20 – Jakarta

3. Giant Ekspres Pondok Timur, Alamat : JL. Raya Pondok Timur 1, Jatimulya – Tambun

4. Giant Ekstra Jatimakmur, Alamat : JL. Raya Jati Makmur

5. Giant Ekstra Mitra 10 Cibubur, Alamat : JL. Raya Alternatif Cibubur, Cileungsi KM 4.Kav 88-Jatirangga Jatisampurna – Bekasi 1743

6. Giant Ekstra Wisma Asri, Alamat : JL. Perjuangan Teluk Pucung, Bekasi Utara 17121

Sebelumnya, PT Hero Supermarket Tbk melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK karyawan sebanyak 532 orang sepanjang 2018. Sebab, perseroan menutup 26 gerai jaringan ritel Giant Supermarket.

Corporate Affairs GM PT Hero Supermarket Tbk, Tony Mampuk, mengatakan terus memburuknya kinerja perusahaan sejak kuartal III 2018 membuat perusahaannya terpaksa mem-PHK karyawannya.

“Sampai dengan kuartal III tahun 2018, PT Hero Supermarket mengalami penurunan total penjualan sebanyak 1 persen atau senilai Rp 9,849 triliun di mana perolehan tahun 2017 adalah Rp 9,961 miliar,” terangnya.

Diterangkan dia, 26 gerai ritel yang ditutup di sepanjang 2018 di seluruh Indonesia, adalah Supermarket Giant Ditutup. “26 toko telah ditutup dan dari 532 karyawan yang terdampak dari kebijakan efisiensi tersebut, 92 persen karyawan telah menerima dan menyepakati untuk mengakhiri hubungan kerja (PHK), serta telah mendapatkan hak sesuai dengan Undang-Undang Kementerian Tenaga Kerja RI No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan,” bilangnya.


Leave a Reply